https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkkjm/issue/feed Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen 2025-11-09T03:12:45+00:00 Ms Valensia Sopian kkjm@ukmc.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Konsumen &amp; Konsumsi: Jurnal Manajemen (K&amp;K_JM) terbit 3 x setahun (Februari, Juni, Oktober) dengan SK Penerbitan <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20211009000885152">ISSN No. 2808-4667</a> (versi cetak) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) No. 0004.28084667/K.4/SK.ISSN/2021.10 Tanggal 22 Oktober 2021 dan ISSN No. 2986-6626 (media online) diterbitkan tanggal 4 Mei 2023, mulai edisi Volume 2 Nomor 1, Februari 2023. Diterbitkan oleh Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis &amp; Akuntansi, Universitas Katolik Musi Charitas melalui SK Dekan No. 1083/III/D-PP12002/12/2021.</p> <p>Berisi artikel hasil penelitian empiris bidang manajemen dengan <strong>Fokus Kajian</strong> peran konsumen dalam ragam aktivitas konsumsinya:</p> <p>(1) Perilaku Konsumen <em>(Consumer Behavior)</em> ;</p> <p>(2) Model Penerimaan Teknologi <em>(Technology Acceptance Model)</em> ;</p> <p>(3) Pemasaran Relasional <em>(Relationship Marketing)</em> ;</p> <p>(4) Pengambilan Keputusan Konsumen <em>(Consumer Decision Making)</em></p> https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkkjm/article/view/1597 PENGARUH KEMUDAHAN AKSES DAN KETERSEDIAAN LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BRI: PERSPEKTIF PENGGUNAAN ATM DAN CABANG 2025-08-12T06:51:07+00:00 Valentino valentino010803@gmail.com <p><em>Penelitian ini menganalisis pengaruh kemudahan akses dan ketersediaan layanan terhadap kepuasan nasabah Bank BRI dari perspektif penggunaan ATM dan cabang. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 100 responden, data dianalisis melalui regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, baik secara parsial maupun simultan. Kemudahan akses memiliki koefisien 0,460 dan ketersediaan layanan 0,427, dengan kontribusi bersama sebesar 54,1% terhadap variasi kepuasan nasabah. Temuan ini menegaskan pentingnya ketersediaan fasilitas dan kemudahan layanan untuk mempertahankan serta meningkatkan kepuasan nasabah.</em></p> <p>&nbsp;</p> 2025-11-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkkjm/article/view/1455 ANALISIS PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI SKINCARE CAMILLE BEAUTY 2025-06-08T05:10:57+00:00 Zaharani febi ayu Zahara ranifafebiayu@gmail.com <p>Perkembangan yang terjadi dalam dunia kecantikan saat ini sangat pesat, khususnya pada persaingan <em>skincare </em>produk brand lokal. Sekarang ini telah banyak ditemui <em>skincare-skincare </em>Menjadi berbagai produk skincare lokal yang cukup terkenal di Indonesia. Salah satu <em>skincare </em>yang masyarakat minati adalah masker organik. Dalam era pasar yang sangat kompetitif, promosi menjadi alat penting untuk meningkatkan kesadaran merek dan produk. Promosi efektif dapat mempengaruhi persepsi dan minat beli konsumen.</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap minat beli <em>skincare </em>Camille Beauty. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei terhadap 100 responden yang telah menggunakan atau tertarik menggunakan produk <em>skincare </em>Camille Beauty. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara online dan dianalisis menggunakan analisis statistik dengan bantuan <em>software </em>SPSS.</p> <p><strong>Kata kunci</strong> : Promosi , Minat beli , Kualitas produk, Camille beauty &nbsp;</p> 2025-11-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkkjm/article/view/1680 KAJIAN TEORITIS PENGARUH HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN HP OPPO DI KOTA PALEMBANG 2025-10-29T04:19:46+00:00 Elvi Sukehsi Siahaan elvisukehsisiahaan@gmail.com <p><em>Fokus penelitian ini terletak pada pemahaman bagaimana persepsi konsumen terhadap harga membentuk tingkat loyalitas mereka terhadap produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap beberapa pengguna smartphone Oppo di Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga yang dianggap sesuai dengan kualitas dan manfaat produk dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Konsumen cenderung terus memilih dan merekomendasikan produk Oppo ketika mereka merasa harga yang dibayarkan sebanding dengan kinerja dan daya tahan produk. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi harga yang tepat memainkan peran penting dalam mempertahankan loyalitas konsumen di pasar smartphone yang kompetitif.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>Kata kunci: harga, loyalitas konsumen, smartphone Oppo, Palembang</em></p> 2025-11-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkkjm/article/view/1595 PENGARUH NILAI BUDAYA, PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN MEDSOS PADA MAHASISWA DI PERGURUAN KOTA PALEMBANG 2025-08-12T06:59:00+00:00 Rizki Febriyan rizkifebriyan2907@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh nilai budaya dan persepsi kemudahan terhadap minat menggunakan media sosial pada mahasiswa di perguruan tinggi Kota Palembang. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei kepada 88 responden melalui kuesioner online. Analisis regresi berganda menunjukkan bahwa nilai budaya dan persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan media sosial, baik secara parsial maupun simultan. Persepsi kemudahan memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan nilai budaya. Hasil ini menegaskan pentingnya kemudahan penggunaan platform dan integrasi nilai budaya positif dalam meningkatkan minat penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa.</em></p> 2025-11-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkkjm/article/view/1732 THE EFFECT OF MOTIVATION AND COMPENSATION ON THE PERFORMANCE OF COFFEE SHOP BARISTA EMPLOYEES IN PALEMBANG CITY 2025-11-07T11:50:17+00:00 Andreas Natanael natanaelandreas333@gmail.com <p><em>Employee performance isn't just about promotions or salary determination. It's also about how companies motivate employees and how they implement efforts to improve learning and performance. The purpose of this study was to simultaneously and partially determine the impact of work motivation and compensation on the performance of barista employees at coffee shops in Palembang. Data were obtained through a survey of coffee shop employees in Palembang. Simultaneous hypothesis testing revealed that work motivation and compensation did not have a significant impact on employee performance. This study suggests that coffee shops in Palembang should pay more attention to their employees, specifically baristas, to foster work enthusiasm, which can ultimately motivate them and improve performance.</em></p> 2025-11-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen