Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkkjm <p>Jurnal Konsumen &amp; Konsumsi: Jurnal Manajemen (K&amp;K_JM) terbit 3 x setahun (Februari, Juni, Oktober) dengan SK Penerbitan <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20211009000885152">ISSN No. 2808-4667</a> (versi cetak) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) No. 0004.28084667/K.4/SK.ISSN/2021.10 Tanggal 22 Oktober 2021 dan ISSN No. 2986-6626 (media online) diterbitkan tanggal 4 Mei 2023, mulai edisi Volume 2 Nomor 1, Februari 2023. Diterbitkan oleh Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis &amp; Akuntansi, Universitas Katolik Musi Charitas melalui SK Dekan No. 1083/III/D-PP12002/12/2021.</p> <p>Berisi artikel hasil penelitian empiris bidang manajemen dengan <strong>Fokus Kajian</strong> peran konsumen dalam ragam aktivitas konsumsinya:</p> <p>(1) Perilaku Konsumen <em>(Consumer Behavior)</em> ;</p> <p>(2) Model Penerimaan Teknologi <em>(Technology Acceptance Model)</em> ;</p> <p>(3) Pemasaran Relasional <em>(Relationship Marketing)</em> ;</p> <p>(4) Pengambilan Keputusan Konsumen <em>(Consumer Decision Making)</em></p> en-US kkjm@ukmc.ac.id (Ms Valensia Sopian) kkjm@ukmc.ac.id (Ign. Heri Satrya Wangsa) Fri, 28 Feb 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Inovasi Produk dan Social Media Influencers di YouTube Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Melalui Mediasi Minat Beli https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkkjm/article/view/1363 <p><strong>Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris apakah inovasi produk dan social media influencers di YouTube berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone melalui mediasi minat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik non-probability sampling melalui metode purposive sampling. Sampel dipilih berdasarkan beberapa kriteria yang telah ditentukan, dengan jumlah sampel sebanyak 160 responden. Teknik analisis data dilakukan dengan metode SEM menggunakan software Smart-PLS. Dari hasil uji yang dilakukan, diperoleh bahwa inovasi produk dan YouTube influencers berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dan keputusan pembelian, serta minat beli berperan sebagai mediasi antara variabel independen terhadap dependen.</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> Chelsy Angelia Timothy Copyright (c) 2025 Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkkjm/article/view/1363 Fri, 28 Feb 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pizza Hut Indonesia Melalui Kepuasan Konsumen https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkkjm/article/view/1361 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga terhadap minat beli ulang melalui kepuasan konsumen dengan berfokus pada restoran makanan cepat saji Pizza Hut Indonesia dengan data yang digunakan data primer dan data sekunder yaitu data tingkat penjualan tahun 2019-2023. Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang pernah membeli Pizza Hut Indonesia dengan jumlah sampel responden yang didapatkan sebanyak 133 responden. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan hasil dari path coefficients dan specific indirect effects. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dan juga minat beli ulang Pizza Hut Indonesia, kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang Pizza Hut Indonesia serta persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang Pizza Hut Indonesia melalui kepuasan konsumen.</p> Vichel Audrea Tesalonika Copyright (c) 2025 Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkkjm/article/view/1361 Fri, 28 Feb 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Trust Pada Produk McDonald's Indonesia di Kalangan Generasi Z https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkkjm/article/view/1365 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis adanya pengaruh <em>Brand Image </em>terhadap Keputusan Pembelian melalui variabel <em>Brand Trust </em>di kalangan generasi Z pada produk McDonald’s Indonesia. Data yang digunakan adalah&nbsp; data primer, populasi dalam penelitian ini adalah kalangan generasi Z berusia 17-27 di seluruh Indonesia. Teknik Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah metode <em>purposive sampling </em>dan berhasil mendapatkan 109 responden. Pengujian hipotesis dilakukan dengan melihat <em>specific indirect effect</em> pada aplikasi SmartPLS 4.0 .Penelitian ini menunjukkan bahwa <em>Brand Image </em>berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan Pembelian, <em>Brand Image </em>berpengaruh terhadap <em>Brand Trust, Brand Trust </em>berpengaruh dengan keputusan pembelian dan <em>Brand Image </em>berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian melalui <em>brand trust </em>sebagai variabel mediasi.</p> Christabel Michelle Wang Copyright (c) 2025 Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkkjm/article/view/1365 Fri, 28 Feb 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Lingkungan Sosial terhadap Perilaku Menggunakan QRIS pada Generasi Z melalui Minat Menggunakan sebagai Variabel Mediasi https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkkjm/article/view/1362 <p><em>Technological changes continue to change from year to year and are constantly updated. One of the technological changes that became a trend in Indonesia during the Covid 19 pandemic was the change in payment methods using QRIS. This study uses the UTAUT theory, which aims to analyze the effect of the Social Influence on Use Behavior QRIS through Intention to Use as a mediating variable. The method used in this research is quantitative method. Data is collected through questionnaires distributed online using Google Form through social media platforms such as X, Instagram Story, and WhatsApp. The sampling technique used is a purposive sample where the population is individuals who have used QRIS. The sample in this study is Generation Z aged 17-28 years and has used QRIS. This study uses SmartPLS as a tool to test and process data. The results of hypothesis testing can be said that the four hypotheses in this study are accepted. Intention to Use has an important role as a mediating variable. With social interaction and individual interest, it can make Generation Z adopt QRIS as a digital payment method. This research is expected to help other studies and become a reference and also useful for readers.</em></p> Ivone Amalia Copyright (c) 2025 Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkkjm/article/view/1362 Fri, 28 Feb 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND TRUST DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE MS GLOW https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkkjm/article/view/1370 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh <em>brand image, brand trust </em>dan promosi terhadap keputusan pembelian produk <em>skincare</em> MS GLOW. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang telah memenuhi kriteria dengan menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji t, koefisien determinasi dan uji f<em>. </em>Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa <em>brand image, brand trust </em>dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.</p> Madeleine Copyright (c) 2025 Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkkjm/article/view/1370 Fri, 28 Feb 2025 00:00:00 +0000