RELATIONSHIP BETWEEN EMOTIONAL INTELLIGENCE AND PHUBBING IN EARLY ADOLESCENCE

Authors

  • Christin Panjaitan

Keywords:

Phubbing Kecerdasan emosi smartphone siswa SMP remaja

Abstract

Fenomena mengakses smartphone kini semakin meningkat di kalangan remaja yang rentan terpengaruh. Hal ini dapat membuat remaja memiliki kecenderungan kurang peka terhadap kehidupan sosial serta kurang menghargai orang lain didekatnya. Padahal dalam perkembangan remaja memerlukan orang lain untuk kebutuhan individunya dan kehidupan sosialnya, untuk itu kecerdasan sosial perlu dimiliki pada tahap perkembangan ini. Dalam penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menganalisa hubungan kecerdasan sosial terhadap phubbing pada remaja awal di usia Sekolah Menengah Pertama di kota Palembang. Jumlah sampel dalam tahap penelitian digunakan sebanyak 261 orang. Skala pengukuran yang digunakan pada penelitian ini adalah skala likert. Berdasarkan uji korelasi Pearson Product Moment, diperoleh korelasi (r) = -0,269; p = 0,000; p < 0,01. Nilai Pearson Correlation -0,269. Berdasarkan data dari tabel tersebut untuk nilai p values pada sig.2 tailed sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Data tersebut menunjukkan adanya korelasi antara kecerdasan sosial dan phubbing dimana koefisien tersebut berarah negatif dan berkategori lemah. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang telah dilakukan mengenai hubungan kecerdasan sosial terhadap phubbing pada remaja awal, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) Tingkat kecerdasan sosial pada remaja awal berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor 64,37%. (2) Tingkat phubbing pada remaja awal berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor 67,82%. (3) Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa ada hubungan kecerdasan sosial terhadap phubbing pada remaja awal. Semakin tinggi kecerdasan sosial maka semakin rendah phubbing pada remaja awal.

Downloads

Published

2023-10-04 — Updated on 2024-02-15

Versions