Studi Kasus Tunggal Dampak Perundungan pada Anak Usia Sekolah
Keywords:
perundungan verbal, perundungan relasional, gangguan anxietas, sekolah dasarAbstract
Perudungan di Sekolah Dasar seringkali terjadi adalah relasional dan verbal, namun banyak guru tidak memahami perundungan ini. Hal ini menyebabkan perundungan di sekolah dasar terjadi berulang kali, seperti yang dialami oleh responden anak XY. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dampak perudungan verbal dan relasional pada anak sekolah dasar. Metode penelitian adalah analisis studi kasus tunggal menggunakan serangakain tes psikologi yaitu CPM, tes grafis dan tes proyektif berupa Forer Setence Completion Test , wawancara dan observasi perilaku berupa ekspresi wajah dan perilaku. Hasil penelitian menunjukkan perundungan verbal dan relasional yang dialami respon XY membuatnya mengalami gangguan anxeitas perpisahan pada anak. Hal ini ditandai perilaku anak yang sulit lepas dari figure orangtua atau figure dekatnya sehingga membuatnya mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri di sekolah.
Downloads
Published
Versions
- 2025-03-27 (2)
- 2025-03-25 (1)