Determinan Yang Memengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Kota Banjarmasin Dengan Sistem Pengendalian Internal Sebagai Variabel Moderasi

Authors

  • Angelita Serlina Langwo
  • Saifhul Anuar Syahdan

Keywords:

standar akuntansi pemerintahan, sistem informasi akuntansi keuangan pemerintah daerah, kapasitas sumber daya manusia, sistem pengendalian intern dan kualitas laporan keuangan.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman standar akuntansi pemerintahan, pemanfaatan sistem informasi keuangan pemerintah daerah, dan kapasitas sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah di Banjarmasin. Sampel penelitian ini adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Selain itu, data diperoleh dari responden yang bekerja di bagian keuangan. Selain itu, metode purposive sampling digunakan dalam penelitian ini. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode regresi berganda. Selanjutnya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan sistem informasi keuangan pemerintah daerah berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Sedangkan pemahaman tentang standar akuntansi pemerintahan dan kapasitas sumber daya manusia tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Downloads

Published

2023-03-15