Pengaruh Kompetensi SDM, SIA dan SAK EMKM Terhadap Kualitas Laporan Keuangan UMKM di Kabupaten Nganjuk

Authors

  • Rinda Purbowanti
  • Muhammad Ali Lutfi

Keywords:

Kompetensi SDM, SIA, EMKM, Laporan Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Informasi Akuntansi dan SAK EMKM terhadap Kualitas Laporan Keuangan UMKM di Kabupaten Nganjuk.

Populasi dari penelitian ini adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di Kabupaten Nganjuk sebanyak 288.119. Sampel dalam penelitian di pilih berdasarkan random sampling dengan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampel yaitu sebanyak 400 sampel dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner.

Pengujian data penelitian dilakukan dengan uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji regresi linier berganda menggunakan bantuan software IBM SPSS Statistic 26. Hasil Penelitian ini menunjukkan: (1) Penerapan Kompetensi Sumber Daya Manusia berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan dengan hasil uji t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 6,155 > 1,966, (2) Sistem Informasi Akuntansi berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan dengan hasil uji t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 30,980 > 1,966, (3) SAK EMKM tidak berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan dengan hasil uji t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu 1,852  < 1,966.

Downloads

Published

2023-08-17