Pengaruh Inflasi, Suku Bunga dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Property dan Real Estate

Authors

  • Yudika Dwi Candra
  • Ambarwati

Keywords:

Inflasi, Suku Bunga, Profitabilitas, Modal

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inflasi suku bunga dan profitabilitas terhadap struktur modal pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di BEI Variabel independen dalam penelitian ini adalah inflasi, suku bunga dan profitabilitas. Variabel dependennya adalah struktur modal.

Jenis penelitian ini adalah kausial kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di BEI. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 135 data perusahaan dari 35 perusahaan property dan real estate selama 3 periode. Variabel independen: inflasi (X1) suku bunga (X2) dan profitabilitas (X3), variabel dependen: struktur modal (Y). Teknik analisa yang digunakan ialah uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Inflasi tidak berpengaruh dan signifikan terhadap struktur modal pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (2) Suku Bunga tidak berpengaruh dan signifikan terhadap struktur modal pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (3) Profitabilitas mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (4) Inflasi, suku bunga dan profitabilitas secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap struktur modal pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di BEI.

Downloads

Published

2023-08-17