Persepsi Investor Tentang Tingkat Pengembalian Investasi Perusahaan Terhadap Keputusan Investasi Yang Dimoderasi Perilaku Konsumtif

Authors

  • Gladys Natania Tjan
  • Alfred Wijaya
  • Paulus Tangke

Keywords:

ROI, Keputusan Investasi, Perilaku Konsumtif, Teori Sinyal, Teori Perilaku Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi peran perilaku konsumtif sebagai moderasi pada pengaruh return on investment (ROI) terhadap keputusan investasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah investor GI BEI KSPM UAJM. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 188 responden. Analisis regresi moderasi digunakan untuk menganalisis data dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji parsial (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa return on investment (ROI) secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan investasi serta perilaku konsumtif tidak dapat memoderasi hubungan return on investment (ROI) terhadap keputusan investasi secara signifikan.

Downloads

Published

2023-08-17