ANALISIS PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP KEMAMPUAN AKUNTANSI DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL SEBAGAI PEMODERASI

Authors

  • Ria Manurung

DOI:

https://doi.org/10.32524/jkb.v16i1.571

Keywords:

ria.manurung74@gmail.com

Abstract

This research conducted to obtain empirical evidence of the influence of
intellectual intelligence in accounting with emotional and spiritual intelligence as
moderating variables. The research method used is descriptive quantitative with
explanatory descriptive.For the use of data analysis consists of descriptive
analysis, classical assumption test and verification analysis with the method of
Moderated Regression Analysis (MRA). This study is a census study with
homogeneous and limited population of 92 students, all students of Accounting
Graduate Program at UNSOED. Conclusion of research result that is: (1)
Intellectual intelligence have influence either positively or signifikan to
accountancy. Thus intellectual intelligence can lead students to more easily
understand accounting, (2) Intellectual intelligence can be strengthened by
emotional intelligence on accounting both positively and significantly. (3)
Spiritual intelligence can strengthen the influence of intellectual intelligence on
accounting both positively and significantly.

References

Amram, Joseph Yosi. (2009). “The Contribution of Emotional and Spiritual

Intelligences to Effective Business Leadership”.Dissertation of

Psychology of Institute of Transpersonal Psychology, Palo Alto,

California.

Amstrong, Thomas. (2009). “7 Kinds of Smart.Menemukan dan Meningkatkan

Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligence”. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama.

Anastasi, A, dan Urbina, S., (2007), “Tes Psikologi (Psychological Testing)”. PT.

Prehanllindo, Jakarta.

Ardana, I Cenik, Lerbin R. Aritonang & Elizabeth Sugiarto

Dermawan.(2013).”Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional,

Kecerdasan Spiritual, dan Kesehatan Fisik Untuk Memprediksi Prestasi

Belajar Mahasiswa Akuntansi.” Jurnal Akuntansi, Vol. XVII, No. 03,

hlm. 444-458.

Azwar, S. (2008).“Pengantar Psikologi Intelegensi”. Cetakan Keempat.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baridwan, Zaki. (2004). “Intermediate Accounting”. Yogyakarta:

BPFE.

Ria Manurung

Dwijayanti, A. P. (2009). “Pengaruh Kecerdasan Emosional,

KecerdasanIntelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Sosial

terhadap PemahamanAkuntansi”.Skripsi. Universitas Pembangunan

Nasional “Veteran”, Jakarta.

Dwirandra.(2013). “Pengaruh Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman

Akuntansi dan Sikap Etis dengan Kecerdasan Emosional dan

Kecerdasan Spiritual sebagai Variabel Pemoderasi.”E-Jurnal Ekonomi

dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali.

Goleman, Daniel. (2013). “Emotional Intelligence”. Jakarta: PT Gramedia

PustakaUtama.

Hariyoga, Septian dan Suprianto, Edy.(2011). “Pengaruh Kecerdasan Emosional,

Perilaku Belajar, dan Budaya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi

Dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Pemoderasi”.Simposium

Nasional Akuntansi XIV.

Lesmana, F.B. (2010). “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kepercayaan Diri

Terhadap Pemahaman Akuntansi”. Tidak diterbitkan.Jember.Fakultas

Ekonomi Universitas Jember.

Marshall,I dan Zohar,D.,(2007).“SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual

dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai

Kehidupan”.Diterjemahkan oleh Rahmi Astuti, Ahmad Najib Burhani

dan Ahmad Baiquni. Bandung:Mizan.

Mawardi.M.Cholid. (2012).“Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi

Terhadap Konsep Dasar Akuntansi di Perguruan Tinggi di Kota

Malang”.Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam

(UNISMA) Malang.

Pasek Nyoman Suadnyana, dkk. (2015). “Pengaruh Kecerdasan Intelektual Pada

Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosi Dan Kecerdasan

Spiritual Sebagai Variabel Pemoderasi”.E-Jurnal Ekonomi dan

Bisnis.Universitas Udayana 4.10 (2015) : 703-714

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008).“Organizational Behavior”.13th Edition.

US: Prentice Hall.

Rachmi, Filia. (2010). ”Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual,

dan PerilakuBelajar Terhadap PemahamanAkuntansi”.Semarang.Jurnal

Pendidikan Akuntansi.

Sekaran,U.(2003).“Research Methods for Business”,a Skill Building

Approach.4th ed. John Wiley& Sons, Inc. NY.Journal Publikasi.

Sternberg, J. Robert. (2008).“Psikologi Kognitif”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono,(2012).“Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &

D”,Bandung:Penerbit Alfabeta.

Supardi.(2005). “Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis”. Yogyakarta: UII

Press.

Susanto,Azhar.(2004).“Sistem Informasi Manajemen:Konsep dan

Pengembangan”.Bandung: Lingga Jaya.

Suwardjono.2005. Teori Akuntansi; Perekayasaan Pelaporan Keuangan, Edisi

ketiga. Yogyakarta: BPFE.

Jurnal Keuangan dan Bisnis, Maret 2018 15

Trisnawati, E.I. & S. Suryaningsum.(2003). “Pengaruh EQ terhadap

TingkatPemahaman Akuntansi.Proceeding Simposium Nasional

Akuntansi VI. Surabaya.

Wahab, A dan Umiarso.(2011). “Kepemimpinan Pendidikan dan

KecerdasanSpiritual”. Jogjakarta: Ar-RuzzMedia.

Yani, Fitri. (2011). “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional,

Kecerdasan Spiritual Terhadap PemahamanAkuntansi”. Jurnal

Akuntansi Pendidikan. Universitas Riau.

Yusuf, Al Hariyono. (2002).“Pengantar Akuntansi 1”. Yogyakarta:STIEYKPN

Downloads

Published

2018-04-29