ANALISIS PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP KEMAMPUAN AKUNTANSI DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL SEBAGAI PEMODERASI
DOI:
https://doi.org/10.32524/jkb.v16i1.571Keywords:
ria.manurung74@gmail.comAbstract
This research conducted to obtain empirical evidence of the influence of
intellectual intelligence in accounting with emotional and spiritual intelligence as
moderating variables. The research method used is descriptive quantitative with
explanatory descriptive.For the use of data analysis consists of descriptive
analysis, classical assumption test and verification analysis with the method of
Moderated Regression Analysis (MRA). This study is a census study with
homogeneous and limited population of 92 students, all students of Accounting
Graduate Program at UNSOED. Conclusion of research result that is: (1)
Intellectual intelligence have influence either positively or signifikan to
accountancy. Thus intellectual intelligence can lead students to more easily
understand accounting, (2) Intellectual intelligence can be strengthened by
emotional intelligence on accounting both positively and significantly. (3)
Spiritual intelligence can strengthen the influence of intellectual intelligence on
accounting both positively and significantly.
References
Amram, Joseph Yosi. (2009). “The Contribution of Emotional and Spiritual
Intelligences to Effective Business Leadership”.Dissertation of
Psychology of Institute of Transpersonal Psychology, Palo Alto,
California.
Amstrong, Thomas. (2009). “7 Kinds of Smart.Menemukan dan Meningkatkan
Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligence”. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Anastasi, A, dan Urbina, S., (2007), “Tes Psikologi (Psychological Testing)”. PT.
Prehanllindo, Jakarta.
Ardana, I Cenik, Lerbin R. Aritonang & Elizabeth Sugiarto
Dermawan.(2013).”Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional,
Kecerdasan Spiritual, dan Kesehatan Fisik Untuk Memprediksi Prestasi
Belajar Mahasiswa Akuntansi.” Jurnal Akuntansi, Vol. XVII, No. 03,
hlm. 444-458.
Azwar, S. (2008).“Pengantar Psikologi Intelegensi”. Cetakan Keempat.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baridwan, Zaki. (2004). “Intermediate Accounting”. Yogyakarta:
BPFE.
Ria Manurung
Dwijayanti, A. P. (2009). “Pengaruh Kecerdasan Emosional,
KecerdasanIntelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Sosial
terhadap PemahamanAkuntansi”.Skripsi. Universitas Pembangunan
Nasional “Veteran”, Jakarta.
Dwirandra.(2013). “Pengaruh Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman
Akuntansi dan Sikap Etis dengan Kecerdasan Emosional dan
Kecerdasan Spiritual sebagai Variabel Pemoderasi.”E-Jurnal Ekonomi
dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali.
Goleman, Daniel. (2013). “Emotional Intelligence”. Jakarta: PT Gramedia
PustakaUtama.
Hariyoga, Septian dan Suprianto, Edy.(2011). “Pengaruh Kecerdasan Emosional,
Perilaku Belajar, dan Budaya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi
Dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Pemoderasi”.Simposium
Nasional Akuntansi XIV.
Lesmana, F.B. (2010). “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kepercayaan Diri
Terhadap Pemahaman Akuntansi”. Tidak diterbitkan.Jember.Fakultas
Ekonomi Universitas Jember.
Marshall,I dan Zohar,D.,(2007).“SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual
dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai
Kehidupan”.Diterjemahkan oleh Rahmi Astuti, Ahmad Najib Burhani
dan Ahmad Baiquni. Bandung:Mizan.
Mawardi.M.Cholid. (2012).“Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi
Terhadap Konsep Dasar Akuntansi di Perguruan Tinggi di Kota
Malang”.Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam
(UNISMA) Malang.
Pasek Nyoman Suadnyana, dkk. (2015). “Pengaruh Kecerdasan Intelektual Pada
Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosi Dan Kecerdasan
Spiritual Sebagai Variabel Pemoderasi”.E-Jurnal Ekonomi dan
Bisnis.Universitas Udayana 4.10 (2015) : 703-714
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008).“Organizational Behavior”.13th Edition.
US: Prentice Hall.
Rachmi, Filia. (2010). ”Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual,
dan PerilakuBelajar Terhadap PemahamanAkuntansi”.Semarang.Jurnal
Pendidikan Akuntansi.
Sekaran,U.(2003).“Research Methods for Business”,a Skill Building
Approach.4th ed. John Wiley& Sons, Inc. NY.Journal Publikasi.
Sternberg, J. Robert. (2008).“Psikologi Kognitif”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono,(2012).“Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &
D”,Bandung:Penerbit Alfabeta.
Supardi.(2005). “Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis”. Yogyakarta: UII
Press.
Susanto,Azhar.(2004).“Sistem Informasi Manajemen:Konsep dan
Pengembangan”.Bandung: Lingga Jaya.
Suwardjono.2005. Teori Akuntansi; Perekayasaan Pelaporan Keuangan, Edisi
ketiga. Yogyakarta: BPFE.
Jurnal Keuangan dan Bisnis, Maret 2018 15
Trisnawati, E.I. & S. Suryaningsum.(2003). “Pengaruh EQ terhadap
TingkatPemahaman Akuntansi.Proceeding Simposium Nasional
Akuntansi VI. Surabaya.
Wahab, A dan Umiarso.(2011). “Kepemimpinan Pendidikan dan
KecerdasanSpiritual”. Jogjakarta: Ar-RuzzMedia.
Yani, Fitri. (2011). “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional,
Kecerdasan Spiritual Terhadap PemahamanAkuntansi”. Jurnal
Akuntansi Pendidikan. Universitas Riau.
Yusuf, Al Hariyono. (2002).“Pengantar Akuntansi 1”. Yogyakarta:STIEYKPN