Pendekatan Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Komunitas Melalui Pelatihan Pembuatan Sabun Mandi Beraroma Kopi

Penulis

  • Ignatius heri Universitas Katolik Musi Charitas
  • Maria Josephine Tyra Universitas Katolik Musi Charitas
  • Lina Lina Universitas Katolik Musi Charitas
  • Agustinus Riyanto Universitas Katolik Musi Charitas
  • Johan Gunady Ony Universitas Katolik Musi Charitas
  • Agustinus Fernando Universitas Katolik Musi Charitas

DOI:

https://doi.org/10.32524/jamc.v6i1.480

Abstrak

Tren era digital saat ini memberi indikasi peluang bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat. Melalui data kenaikan prosentase pengguna internet dan media sosial di Indonesia dilakukan justifikasi bagi terbentuknya sistem aktivitas interaktif-transaksional. Dalam sistem tersebut individu terikat secara sosial untuk berbagi informasi dan pengetahuan. Ini merupakan landasan  pendekatan pemberdayaan ekonomi berbasis komunitas dimana sistem aktivitas interaktif-transaksional dalam formasi kolektif “diintervensi”  melalui berbagai kegiatan bernilai ekonomis  untuk membentuk modal sosial-ekonomi masyarakat. Pendekatan ini dipakai oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Katolik Musi Charitas Palembang melalui kegiatan “Pelatihan Pembuatan Sabun Mandi Beraroma Kopi” dengan mitra warga masyarakat sebanyak 50 (lima puluh) orang terafiliasi pada sebuah organisasi sosial keagamaan Gereja Katolik di Desa Banyu Urip, Kecamatan Tanjung Laga, Kabupaten Banyu Asin, Sumatera Selatan. Hasil kegiatan berupa peningkatan: (1) Kesadaran partisipatif dan kontributif individual dalam keanggotaan organisasional (aspek sosial) ; (2) Kapasitas kreatifitas  menemukan obyek baru bernilai ekonomis (aspek ekonomi kreatif), dan ; (3) Komitmen berbagi pengetahuan yang terarah kepada pembentukan modal sosial masyarakat kreatif (aspek sosial-ekonomi).  

 

Referensi

https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021

Arora, A., Bansal, S., Kandpal, C., Aswani, R., & Dwivedi, Y. (2019). Measuring social media influencer index-insights from Facebook, Twitter and Instagram. Journal of Retailing and Consumer Services, 49, 86–101.

Hsu, C.-L., Yu, C.-C., & Wu, C.-C. (2014). Exploring the continuance intention of social networking websites: an empirical research. Information Systems and E-Business Management, 12(2), 139–163.

Kushwaha, P., Tripathi, R., CHAUBAN, S., & SAXENA, R. (2017). Exploring the Role of Knowledge Sharing in Digital Era: A Conceptual Study. Digital Transformation of Business in India: Opportunities and Challenges.

Ojo, A. O., & Alias, M. (2021). Conceptualising social media entrepreneurial engagement from the socio-cognitive theory. J. Entrep. Res. Pract, 2021, 846138.

Perkins, D. D., & Zimmerman, M. A. (1995). Empowerment theory, research, and application. American Journal of Community Psychology, 23(5), 569–579.

Diterbitkan

2022-06-29

Cara Mengutip

heri, I., Josephine Tyra, M., Lina, L., Riyanto, A., Gunady Ony, J., & Fernando, A. . (2022). Pendekatan Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Komunitas Melalui Pelatihan Pembuatan Sabun Mandi Beraroma Kopi. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA (JKSP), 6(1), 64-70. https://doi.org/10.32524/jamc.v6i1.480