Pengaruh Edukasi Tentang Pesan Gizi Seimbang Dengan Media Permanen Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Sikap dan Tindakan Siswa di SD Negeri Lawe Desky Kabupaten Aceh Tenggara
DOI:
https://doi.org/10.32524/jksp.v8i2.1508Kata Kunci:
balanced nutrition, snake ladder, knowledge, attitude and actionReferensi
Mayangsari R dkk. Gizi Seimbang. bandung; 2022.
Ahmad H, Antoni A. Edukasi Gizi Seimbang Pada Anak di SD Negeri Pijorkoling Kot Padang sidimpuan. J Ilmu Pengabdian Masyarakat Bidang Kesehatan. 2023;1(1):1–6.
World Health Organization. WHO Obesity and Overweight. 2021;
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Laporan Riskesdas 2018 Nasional. Lembaga Penerbit Balitbangkes. 2018. p. hal 156.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Laporan Riskesdas 2018 Nasional. Lembaga Penerbit Balitbangkes. 2018. p. hal 156.
Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Gizi Seimbang. 2014;3(2):1–46.
Nurzihan NC. Peningkatan Pengetahuan Remaja Tentang Pedoman Umum Gizi Seimbang dengan Permainan Ular Tangga Gizi di SMP PGRI 1 Surakarta. Universitas Kusuma Husada Surakarta. 2019; Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 6(2), 95-101.
Notoatmodjo S. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta; 2018.
Adhimah DR HF. Penerapan Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Kualitas Belajar IPA Kelas 5 SDN 1 Kedungkumpul Lamongan Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional. 2022;733–43.
Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Setiyawami, editor. Bandung; 2018.
Prahmawati P, Djamil A. Pengaruh Pemberian Penyuluhan Dengan Permainan Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Mengkonsumsi Jajanan Sehat Siswa- Siswi Kelas V Di SD Negeri 1 Sukarame Kota Bandar Lampung Tahun 2019. J Ilmu Kesehatan Indonesia ISSN. 2020;1(1):1–10.
Adiba TR, Supriyadi KS, Katmawanti S. Efektivitas permainan ular tangga sebagai media penyuluhan terhadap pengetahuan gizi seimbang siswa di SD N landungsari 1 kabupaten malang. 2020. J pengabdian masyarakat indonesia.;5 No. 1:1–7.
Purwaningtyas DR, Fitriani A. Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Terkait Gizi Kebugaran Melalui Permainan Ular Tangga. J Masyarakat Mandiri. 2023;Vol 7 No.:5026–36.
Anjelina W. Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru J Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2021;2(1):68–73.
Madinah S, Farhat Y. Pengaruh Permainan Edukatif Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Gizi Seimbang. 2024; Jurnal Riset Pangan Dan Gizi (Jr-Panzi). Vol 6 No. 1, pp. 13-22.
Handayani Monika R, Pipit P. Efektivitas Penkes dengan Metode Ular Tangga terhadap Pengetahuan Remaja tentang Dampak Perkawinan Anak di SMPN 2 Gunungkidul Yogyakarta. 2019; 38. Jurnal keperawatan. Vol 8 No. 2, 68–76.
Hilman AF, Karjatin A, Lestari FS. Peningkatan Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Tentang Phbs Melalui Media Ular Tangga Yang Dimodifikasi. J Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung. 2022;14(1):9–15.
Hisanah R dkk. Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Permainan Ular Tangga Dan Booklet Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri. 2023. Journal of Nutrition College, vol. 12, no. 4, pp. 301-310.
Afghani A, Ennimay WE. Efektivitas Edukasi Permainan Ular Tangga Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Tindakan Memakai Masker Dan Mencuci Tangan Pada Anak Selama Pandemi Covid-19. 2022; Jurnal Keperawatan. Vol 4 No. 3:191–198.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA (JKSP)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.