Optimasi Proses Engraving Kayu Mahoni dengan Mata Pahat Conical 3 mm pada Mesin CNC Router G-Weike WK1212 Menggunakan Metode Full Factorial Design dan Optimasi Plot Multi Respon

Authors

  • Dewa Kusuma Wijaya Universitas Dian Nuswantoro
  • Tita Talitha Universitas Dian Nuswantoro
  • Nur Alfathan Banoel Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.32524/saintek.v6i1.522

Keywords:

Full Factorial Design, optimasi plot multi respon, engraving, Conical 3 mm, CNC Router

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian sebelumnya terkait optimasi proses ukir (engraving) dengan objek yang sama yaitu material kayu mahoni yang diproses dengan mesin CNC Router G-Weike WK1212 dan mata pahat jenis Conical ukuran 3 mm menggunakan metode Taguchi. Pada penelitian ini metode optimasi yang digunakan adalah Full Factorial Design dengan optimasi plot multirespon, dimana penggunaan metode tersebut juga mengacu pada hasil penelitian sebelumnya namun implementasinya diterapkan pada proses potong (cutting) dengan mata pahat jenis End Mill 3 mm menggunakan mesin CNC Router dan material kayu yang sama. Tujuan dari penelitian ini ada 2, pertama adalah membandingkan nilai optimalitas dari implementasi metode Full Factorial Design - optimasi plot multirespon dengan hasil implementasi metode Taguchi sebelumnya. Kedua, mengetahui apakah hasil optimal dari implementasi metode Full Factorial Design dengan optimasi plot multirespon untuk proses engraving menggunakan mata pahat Conical 3 mm dapat sama dengan pada proses cutting menggunakan mata pahat End Mill 3mm. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa level seting optimal dari hasil metode Full Factorial Design dengan optimasi plot multi respon adalah kecepatan spindle 7 step, kecepatan motion 5 step dan depth per cut 0.5 mm.

Author Biographies

Tita Talitha, Universitas Dian Nuswantoro

Fakultas Teknik, Program Stuudi Teknik Industri

Nur Alfathan Banoel, Universitas Dian Nuswantoro

Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Industri

References

Herwin, S., dan Dewa, K.W., Optimasi Permesinan CNC Router untuk Proses Cutting Material Kayu Mahoni Menggunakan Mata Pahat End Mill 3mm Tungsten Carbide, Jurnal Teknik Industri, Universitas Trisakti, Vol.10, No.3, 2020, pp. 227-239.

Montgomery, C.D., Design and Analysis of Experiment, Eight Edition. New Jersey: John Wiley & Sons Inc, 2013.

Nataraj, M., Balasubramanian, K., dan Palanisamy, D., Optimization of Machining Parameters for CNC Turning of Al/Al2O3 MMC Using RSM Approach, Materials Today, Vol.5, 2018, pp.14265-14272.

Nur, A.B., Dewa, K.W., dan Tita, T., Metode Taguchi untuk Optimasi Proses Engraving CNC Router G-Weike WK1212 untuk Kayu Mahoni, Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, Vol.7, No.2, 2021, pp. 98-103.

Vishnu, V.M., Sankaraiah, G., Yohan, M. dan Jeevan, R.H., Optimization of Parameters in CNC milling of P20 steel using Response Surface methodology and Taguchi Method, Materials Today. Vol.4, 2017, pp.9163-9169.

Vishnu, V.M., Sankaraiah, G., Yohan, M. dan Jeevan, R.H., Optimization of cutting Parameters and Prediction of Ra & MRR for machining of P20 Steel on CNC milling using Artificial Neural Networks, Materials Today, Vol.5, 2018, pp.27058-27064.

Wahjudi, D., dan San, G.S., Optimasi Proses Injeksi Dengan Metode Taguchi. Jurnal Teknik Mesin. Vol.3, No.1, 2001, pp. 24-28.

Downloads

Published

2022-09-30