INTERNALISASI NILAI LOLO TANANAN DAN LOLO PATUOAN : PENINGKATAN EKONOMI ANGGOTA CREDIT UNION SAUAN SIBARRUNG

Authors

  • Fransiskus Randa Universitas Atma Jaya Makasar
  • Yulianus Bottong CU sauan Sibarrung
  • Fransiskus E.Daromes Universitas Atma Jaya Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32524/jkb.v22i1.1044

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginternalisasi  falsafah dan nilai budaya  dalam upaya meningkatkan ekonomi  anggota koperasi sebagai bagian dari proses reaktualisasi nilai-nilai budaya lokal suatu daerah.   Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi inkulturasi dengan falsafah lolo tananan dan   dalam mengelola usaha  sebagai alat analisis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara yang mendalam dengan beberapa informan kunci, observasi lapangan dan pengumpulan artefak budaya di lapangan. Penelitian dilakukan pada koperasi Credit Union Sauan Sibarrung yang mencoba mengangkat nilai-nilai lokal dalam mengelola organisasi sebagai landasan operasional kegiatan. Pemaknaan terhadap falsafah lolo tananan dan lolo patuan  dalam  pengelolaan CU Sauan Sibarrung adalah upaya untuk meningkatkan ekonomi anggota dengan pemberdayaan  pemeliharaan sumber daya alam yang bernilai dengan menempatkan tanaman dan peternakan secara holistik sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Toraja. Hal itu diinternalisasi melalui program pemberdayaan anggota pada peternakan, pertanian dan komunitas kopi. Semua program tersebut mengarah pada peningkatan ekonomi anggota CU dengan pemeliharaan tanaman dan ternak secara berkelanjutan dan menghindari eksploitasi.

References

Berthoud, R. and Hinton, T., 1989, Credit Unions in the United Kingdom, Policy Studies Institute, Printer Publisher Limited (UK).

Bottong Y. 2023, Menguak Falsafah Tallu Lolona: Lolo tau dalam pemberdayaan anggota CU sauan sibarrung: Jurnal Akun Nabelo : Vol 5 No 2 , Universitas Tadulako Palu. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jan/article/view/19053

Ismail, Nawari. 2011. Konflik Umat Beragama dan Budaya Lokal. Bandung: Lubuk Agung. h. 43

Kusumajati, Titus Odong. 2012. Faktor Ekonomi dan Kelembagaan Dalam Keberlanjutan Credit Union Di Indonesia.

McKillop, Donal; and John O.S. Wilson. 2011. Credit Unions: A Theoretical and Empirical Overview, Financial Market Institution and Instrument. New York University Salomon Center and Wiley Periodicals, Inc. 79-123

Randa, F. dan Daromes, F. 2014. Transformasi Nilai Budaya Lokal dalam Membangun Akuntabilitas Organisasi Sektor Publik. Penerbit Jurnal Akuntansi Multiparadigma Universitas Brawijaya. https://doaj.org/article/b18fa8b68dc54d1d818d90d3b632b12e

Randa,F& Oktavianus P (2022) . Transformasi Nilai budaya dalam membangun akuntabilitas Organisasi pemerintah daerah. Penelitian sedang dalam proses publikasi.

Rantetana, M. 2009. Falsafah Tallu Lolona Kekuatan Budaya Toraja masa Lalu, Sekarang, dan Masa Datang. Makale

Ron Johnson and David Redmod, 1992. The Art of Empowerment : at last, empowerment is about art. It is about the value we believe.

Sandarupa, S. Simon P., Simon S. 2016. Kambunni’: Kebudayaan Tallu Lolona Toraja. Makassar: De La Macca.

Sitoto, Simon. 2016. “Tropes dan Simbolisme dalam Tuturan Ritual Mebala Kollong Pada Upacara Rambu Solo’ Budaya Toraja”. Prosiding Selogika IV (Seminar dan Dialog Internasional Kemelayuan di Indonesia Timur IV). Makassar: Puslitbang Dinamika Masyarakat, Budaya, dan Humaniora, LP2M UNHAS.

Sumarsono, Sonny, 2003, Manajemen Koperasi Teori dan Praktek. Graha Ilmu, Yogyakarta

Woccu, 2003, “A Technical Guide to Rural Finance: Exploring Product”, WOCCU Technical Guide #3, December 2003, http://www.woccu.org/ development guide/RF tech.pdf.

Downloads

Published

2024-03-31