PENGARUH TATA LETAK, KUALITAS, HARGA, DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP ORIENTASI PASAR

Authors

  • Diva Riza Fahlefi

DOI:

https://doi.org/10.32524/jkb.v19i1.150

Keywords:

Layout, quality, price, customer satisfaction, market orientation

Abstract

Knowing factors that potentially influence consumer decisions in buying products, product design, product prices, and service forms is the proper method to understand the needs and desires of consumers that are constantly changing (Craven, 1994). This study aims to investigate the influence of layout, quality, price, and customer satisfaction on market orientation. In this study, purposive sampling with certain criteria was used to select 99 samples that involve in this study. The data were collected through interviews, documentation, and questionnaire techniques. The results show that the layout aspect can affect consumer attractiveness, quality can affect the increase of market orientation, the price can affect the increase of market orientation, customer satisfaction can affect consumer loyalty.

References

Akbar, A. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba. Fakultas Ekonomi. Jurusan Manajemen Universitas Gunadarma, Jakarta.

Bhuana Agung Nugroho, 2005, Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS, Penerbit CV. Andi Offset, Yogyakarta

Craven, D.W. 1994, Pemasaran Strategis, Edisi Keempat, Terjemahan, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Dale, Margaret A. 2005. The Art of HRD. Developing Management Skills.

Meningkatkan Keterampilan Manajemen. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer

Deshpandé, R., Farley, J., Webster, Jr. (1993). Corporate Culture, Customer Orientation, and Innovativeness in Japanese Firms: A Quadrad Analysis. Journal of Marketing. 57, 23-37

Ferdinand, Agusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Edisi kedua. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang. Fu’ad Mas’ud. 2004.

Kotler, Philip and Amstrong, Garry.2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Penerbit Erlangga. Alih Bahasa Bob Sabran, M. M. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. 2012. Manajemen Pemasaran jilid II. Edisi ketiga belas. Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip, Amstrong, Gary, 1996, Dasar Dasar Pemasaran, Jakarta:

Penerbit Prenhallindo

Kotler, P. Dan Keller, K.L. 2006. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas, Indeks: Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Marketing Management, 11 edition. Prentice Hall Int, New Jersey.

Kotler, Philip. 2004. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip & Keller, Lane, Kevin. 2011. Manajemen Pemasaran. Ed.12, Jakarta.

Narver, John C & Stanley F. Slater, 1990, The effect of a market orientation on business profitability, Journal of marketing, page 20-35

Santoso, Singgih. 2006. Menggunakan SPSS dan Excel untuk Mengukur Sikap dan Kepuasan Konsumen. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Schnaars. (1991). Marketing Strategy: A Customer-Driven Approach. New York: The Free Press.

Sulistiyani 2013, Pengaruh orientasi pasar dan kreativitas program pemasaran serta

pengaruhnya terhadap kinerja usaha kecil dan menengah di Kota Semarang,

Proceding Seminar Nasional dan Call For papers Sancall, ISBN:978-979-636-147-2 Lalu, Sumayang. 2003. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Penerbit

Salemba Empat.

Tjiptono, F. 2001. Manajemen Jasa, Edisi II. Cetakan ketiga, Penerbit Andi

Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta:

Tjiptono, F. 1996. Manajemen Jasa, Edisi II. Cetakan ketiga, Penerbit Andi

Offset, Yogyakarta.

Tse dan Wilton (1988). Kepuasan Pelanggan, jilid 2. Edisi ketiga. Klaten: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Downloads

Published

2021-03-12