Analisis Aplikasi MyPertamina Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Dimensi User Experience dan Model Delone Mclean
DOI:
https://doi.org/10.32524/jusitik.v8i2.1447Kata Kunci:
Kepuasan Pengguna, Model Delone Mclean, MyPertamina, SmartPLS, User ExperienceAbstrak
Aplikasi MyPertamina adalah inovasi digital dari PT Pertamina yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memberikan layanan pembayaran non-tunai, navigasi lokasi SPBU, dan program loyalitas. Dengan menggunakan model DeLone & McLean, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh User Experience terhadap kepuasan pengguna aplikasi MyPertamina di kalangan civitas akademika Universitas Indo Global Mandiri. Model ini mencakup dimensi kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh User Experience terhadap kepuasan pengguna aplikasi MyPertamina di kalangan civitas akademika Universitas Indo Global Mandiri. Hasilnya menunjukkan bahwa pengalaman pengguna, sistem, informasi, dan layanan berkontribusi sebesar 95,2% terhadap kepuasan pengguna. Pengalaman pengguna menjadi faktor paling dominan. Temuan ini memberikan kontribusi teoritis dan rekomendasi praktis untuk pengembangan aplikasi MyPertamina.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Erick Syaputra Chaniago, Faradillah Hakim, Muhammad Fadhiel Alie, Nining Ariati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.