Analisis Aplikasi MyPertamina Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Dimensi User Experience dan Model Delone Mclean

Penulis

  • Erick Syaputra Chaniago Universitas Indo Global Mandiri
  • Faradillah Hakim Universitas Indo Global Mandiri
  • Muhammad Fadhiel Alie Universitas Indo Global Mandiri
  • Nining Ariati Universitas Indo Global Mandiri https://orcid.org/0009-0001-4819-5906

DOI:

https://doi.org/10.32524/jusitik.v8i2.1447

Kata Kunci:

Kepuasan Pengguna, Model Delone Mclean, MyPertamina, SmartPLS, User Experience

Abstrak

Aplikasi MyPertamina adalah inovasi digital dari PT Pertamina yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memberikan layanan pembayaran non-tunai, navigasi lokasi SPBU, dan program loyalitas.  Dengan menggunakan model DeLone & McLean, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh User Experience terhadap kepuasan pengguna aplikasi MyPertamina di kalangan civitas akademika Universitas Indo Global Mandiri. Model ini mencakup dimensi kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh User Experience terhadap kepuasan pengguna aplikasi MyPertamina di kalangan civitas akademika Universitas Indo Global Mandiri.  Hasilnya menunjukkan bahwa pengalaman pengguna, sistem, informasi, dan layanan berkontribusi sebesar 95,2% terhadap kepuasan pengguna. Pengalaman pengguna menjadi faktor paling dominan. Temuan ini memberikan kontribusi teoritis dan rekomendasi praktis untuk pengembangan aplikasi MyPertamina.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-02

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama