Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan di PT Dian Swastatika Sentosa Serang

Authors

  • Huswatun Hasanah
  • Achmad Syarifudin
  • Mohammad Taufik Hidayat

DOI:

https://doi.org/10.32524/saintek.v5i2.301

Keywords:

Karakteristik Individu, Kinerja, Lingkungan Kerja

Abstract

PT Dian Swastatika Sentosa Tbk Serang belum memperhatikan lingkungan kerja pada bagian DCS dan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan karakteristik individu terhadap kinerja karyawan operasional bagian DCS dan lokal di PT Dian Swastatika Sentosa Tbk Serang. Responden pada penelitian ini adalah karyawan operasional yang meliputi bagian Power Generation, boiler, water treatmnet, dan coal heandling system. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Metode analisisnya adalah kuantitatif deskriptif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental sebanyak 72 responden karyawan operasional dan data diolah dengan metode regresi berganda menggunakan SPSS 21. Hasil dari metode regresi berganda menunjukkan bahwa adanya pengaruh secara parsial pada variabel lingkungan kerja (X1) terhadap kinerja karyawan operasional (Y) PT Dian Swastatika Sentosa Tbk Serang, kemudian adanya pengaruh secara parsial pada variabel karakteristik individu (X2) terhadap kinerja karyawan operasional (Y) PT Dian Swastatika Sentosa Tbk Serang dan adanya pengaruh secara simultan pada variabel lingkungan kerja (X1) dan variabel karakteristik individu (X2) terhadap kinerja karyawan operasional (Y) PT Dian Swastatika Sentosa Tbk Serang.

References

Bisri, A.S., Aspek tangible, intangible pimpinan Dan dimensi lingkungan organisasi terhadap kinerja karyawan. Jurnal Intent: Jurnal Industri dan Teknologi Terpadu Vol. 1 No. 1, 2018, hal 79-89.

Hidayat dan Cavorina., Pengaruh Karakteristik Individu Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Cladtek Bi Metal Manufacturing, Journal of Business Administration Vol 1, No 2, 2017, Hal 337-347

Nisakurohma dan Sunuharyo., Pengaruh Karakteristik Individu dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan, Studi Pada Karyawan PT Tigaraksa Satria Tbk Cabang Malang, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 61 No. 3, 2018, hal 109-115.

Ratnasari, dkk., Analisis Karakteristik Individu, Lingkungan Kerja, Iklim Organisasi, Motivasi, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR), Vol. 2 No. 1, 2020, hal 15-25.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuanttitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Ulgari, dkk., Hubungan Kemampuan Menerapkan Teknik Pembubutan dan Disiplin Belajar Siswa Dengan Minat Berwirausaha. Journal of Mechanical Engineering, Vol. 9 No. 2, 2020.

Yuliantari dan Ines Prasasti, Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada LLDIKTI Wilayah III Jakarta, Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, Vol. 4 No. 1, 2020, hal 76-82.

Published

2021-12-30