PENGARUH STRATEGI PROSPECTOR DAN DEFENDER, KOMPENSASI EKSEKUTIF, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
DOI:
https://doi.org/10.32524/jkb.v16i1.577Keywords:
Nilai Perusahaan, Strategi Prospector dan Defender, kompensasi eksekutif, ukuran perusahaan.Abstract
Nilai perusahaan merupakan kondisi tertentu yang telah dicapai oleh suatu
perusahaan sebagai gambaran kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan
tersebut. Nilai perusahaan ditentukan setelah perusahaan melalui proses kegiatan
selama beberapa periode, yaitu sejak perusahaan tersebut didirikan hingga saat ini.
Strategi bisnis yang tepat perlu diterapkan guna memenangkan persaingan yang
terjadi antar perusahaan. Prospector dan defender diartikan sebagai strategi yang
ekstrim berbeda. Prospector merupakan strategi yang mengidentifikasi dan
mengembangkan produk baru serta memanfaatkan peluang pasar, sedangkan
defender adalah strategi yang cenderung mempertahankan pasar yang telah
dicapai dan produk yang stabil dengan harga yang murah. Sistem kompensasi
merupakan salah satu cara yang akan menentukan bagaimana individu berperilaku
dalam organisasi dan peran individu dalam organisasi akan mempengaruhi
perkembangan organisasi. Selain itu ukuran perusahaan dinilai mampu
mempengaruhi nilai perusahaan tersebut. Dikarenakan semakin besar perusahaan
maka semakin mudah perusahaan tersebut dalam hal pendanaan baik oleh investor
maupun kreditur. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan secara empiris
apakah strategi prospector dan defender, kompensasi eksekutif, ukuran
perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Jumlah perusahaan
yang masuk dalam sampel penelitian adalah sebanyak 123 perusahaan. Kemudian
data yang terkumpul akan dianalisis dengan statistik deskriftif, uji asumsi klasik
dan uji hipotesis.
References
Arifin Sitio dkk. 2001. Koperasi: Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga
Bernandhi,Riza. 2013. Pengaruh Kepemilikan Manajerial,
KepemilikanInstitusional, Kebijakan Dividen, Leverage dan Ukuran
Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Universitas
Diponegoro, Semarang.
Dewi, Ayu Sri Mahatma dan Ary Wirajaya. 2013. Pengaruh Struktur
Modal,Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan.
Dalam E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana 4.2 : 358-372. ISSN:
-8556.
Habbe, A. H. 2001. Studi terhadap Pengukuran Kinerja Akuntansi
PerusahaanProspector dan Defender dan Hubungannya dengan Harga
Saham: Analisis dengan Pendekatan Life Cycle Theory, Jurnal Akuntansi
danRiset Indonesia, Vol. 4 No. 1, Januari, p. 111-132.
Indeswari, Dyah Retno. 2013. Pengaruh Board Diversity Dan KompensasiDewan
Direksi terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan
Manufaktuyang Terdaftar Di BEI Tahun 2010). Skripsi.Universitas
Negeri Yogyakarta, Yogyakarta..
Nuraina, Elva. 2012. Pengaruh Kepemilikan Institusional dan UkuranPerusahaan
terhadap Kebijakan Hutang dan Nilai Perusahaan (Studi pada
Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI).Dalam Jurnal Bisnis dan
Ekonomi (JBE), Hal. 110 – 125, vol 19 no 2. ISSN: 1412-3126.
Parimana, Komang Agung Surya dan I Gede Supartana Wisadha. 2015.
PengaruhPrivatisasi, Kompensasi Manajemen Eksekutif, dan Ukuran
Perusahaan pada Kinerja Keuangan. Dalam E-Jurnal Akuntansi
Universitas Udayana10.3 : 753-762. ISSN: 2302-8556.
Porter, M.E. 1980. Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries
andCompetitors. New York, NY: The Free Press.
Sari, Puspita Santi dan Puji Harto.2014. Kompensasi Eksekutif dan
KinerjaOperasional Perbankan Indonesia. Dalam Diponegoro Journal
Of Accounting. Volume 03 Nomor 02, Halaman 1-7. ISSN: 2337-3806.
Syoraya, Siti. 2014. Pengaruh Kompensasi Dewan Komisaris dan Dewan
Direksiterhadap Kinerja Manajerial dengan Risiko Bisnis Sebagai
Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang
Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012). Skripsi.
UniversitasDipenogoro, Semarang.