PENGARUH STRATEGI PROSPECTOR DAN DEFENDER, KOMPENSASI EKSEKUTIF, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Authors

  • Brigita Dilla Savirach
  • Oktavia Oktavia
  • Novita Febriany

DOI:

https://doi.org/10.32524/jkb.v16i1.577

Keywords:

Nilai Perusahaan, Strategi Prospector dan Defender, kompensasi eksekutif, ukuran perusahaan.

Abstract

Nilai perusahaan merupakan kondisi tertentu yang telah dicapai oleh suatu
perusahaan sebagai gambaran kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan
tersebut. Nilai perusahaan ditentukan setelah perusahaan melalui proses kegiatan
selama beberapa periode, yaitu sejak perusahaan tersebut didirikan hingga saat ini.
Strategi bisnis yang tepat perlu diterapkan guna memenangkan persaingan yang
terjadi antar perusahaan. Prospector dan defender diartikan sebagai strategi yang
ekstrim berbeda. Prospector merupakan strategi yang mengidentifikasi dan
mengembangkan produk baru serta memanfaatkan peluang pasar, sedangkan
defender adalah strategi yang cenderung mempertahankan pasar yang telah
dicapai dan produk yang stabil dengan harga yang murah. Sistem kompensasi
merupakan salah satu cara yang akan menentukan bagaimana individu berperilaku
dalam organisasi dan peran individu dalam organisasi akan mempengaruhi
perkembangan organisasi. Selain itu ukuran perusahaan dinilai mampu
mempengaruhi nilai perusahaan tersebut. Dikarenakan semakin besar perusahaan
maka semakin mudah perusahaan tersebut dalam hal pendanaan baik oleh investor
maupun kreditur. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan secara empiris
apakah strategi prospector dan defender, kompensasi eksekutif, ukuran
perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Jumlah perusahaan
yang masuk dalam sampel penelitian adalah sebanyak 123 perusahaan. Kemudian
data yang terkumpul akan dianalisis dengan statistik deskriftif, uji asumsi klasik
dan uji hipotesis.

References

Arifin Sitio dkk. 2001. Koperasi: Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga

Bernandhi,Riza. 2013. Pengaruh Kepemilikan Manajerial,

KepemilikanInstitusional, Kebijakan Dividen, Leverage dan Ukuran

Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Universitas

Diponegoro, Semarang.

Dewi, Ayu Sri Mahatma dan Ary Wirajaya. 2013. Pengaruh Struktur

Modal,Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan.

Dalam E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana 4.2 : 358-372. ISSN:

-8556.

Habbe, A. H. 2001. Studi terhadap Pengukuran Kinerja Akuntansi

PerusahaanProspector dan Defender dan Hubungannya dengan Harga

Saham: Analisis dengan Pendekatan Life Cycle Theory, Jurnal Akuntansi

danRiset Indonesia, Vol. 4 No. 1, Januari, p. 111-132.

Indeswari, Dyah Retno. 2013. Pengaruh Board Diversity Dan KompensasiDewan

Direksi terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan

Manufaktuyang Terdaftar Di BEI Tahun 2010). Skripsi.Universitas

Negeri Yogyakarta, Yogyakarta..

Nuraina, Elva. 2012. Pengaruh Kepemilikan Institusional dan UkuranPerusahaan

terhadap Kebijakan Hutang dan Nilai Perusahaan (Studi pada

Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI).Dalam Jurnal Bisnis dan

Ekonomi (JBE), Hal. 110 – 125, vol 19 no 2. ISSN: 1412-3126.

Parimana, Komang Agung Surya dan I Gede Supartana Wisadha. 2015.

PengaruhPrivatisasi, Kompensasi Manajemen Eksekutif, dan Ukuran

Perusahaan pada Kinerja Keuangan. Dalam E-Jurnal Akuntansi

Universitas Udayana10.3 : 753-762. ISSN: 2302-8556.

Porter, M.E. 1980. Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries

andCompetitors. New York, NY: The Free Press.

Sari, Puspita Santi dan Puji Harto.2014. Kompensasi Eksekutif dan

KinerjaOperasional Perbankan Indonesia. Dalam Diponegoro Journal

Of Accounting. Volume 03 Nomor 02, Halaman 1-7. ISSN: 2337-3806.

Syoraya, Siti. 2014. Pengaruh Kompensasi Dewan Komisaris dan Dewan

Direksiterhadap Kinerja Manajerial dengan Risiko Bisnis Sebagai

Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang

Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012). Skripsi.

UniversitasDipenogoro, Semarang.

Downloads

Published

2018-04-29