Etika Publikasi
Etika Publikasi
Kode etik publikasi merupakan norma yang harus dipatuhi oleh Penulis yang akan mempublikasikan karya ilmiahnya dalam media publikasi. Norma dasar dalam melakukan publikasi adalah mengutamakan moral, integritas ilmiah, dan kejujuran Penulis.
MORAL berarti mampu membedakan perilaku yang baik dan yang buruk dalam Penulisan. INTEGRITAS ILMIAH adalah upaya menjunjung tinggi kaidah, hakekat dan kebenaran ilmiah, sehingga tidak mengorbankannya demi kepentingan apapun. KEJUJURAN berkaitan dengan apa yang dilakukan Penulis sesuai dengan kondisi obyektif sesungguhnya, dan tidak melakukan hal-hal yang tidak sepatutnya dilakukan dalam penelitian / Penulisan (misconduct)
Kode etik yang wajib dipenuhi oleh para Penulis yang akan mempublikasikan artikel ilmiahnya pada Jurnal Konsumen & Konsumsi: Jurnal Manajemen (KKJM) adalah:
- Penulis harus menjunjung tinggi scientific conduct, memahami manfaat/keuntungan dan resiko tulisan yang dipublikasikan.
- Artikel yang dipublikasikan bebas dari hal-hal yang tidak sepatutnya (misconduct), meliputi : Rekaan (fabrikasi), Pemalsuan data (falsifikasi), dan Plagiarism / autoplagiarism.
- Penulis wajib mencantumkan sitasi yang memadai pada semua statement, ide, data, yang bukan hasil penelitiannya.
- Artikel yang dipublikasikan bidang ilmunya sesuai atau relevan dengan bidang ilmu Jurnal Konsumen & Konsumsi: Jurnal Manajemen (KKJM) yaitu Manajemen.
- Artikel yang dipublikasikan tidak menimbulkan benturan dengan pihak-pihak tertentu atau berpotensi meresahkan masyarakat.
- Para Penulis yang tercantum pada artikel yang dipublikasikan adalah benar-benar mereka yang kompeten dan mempunyai kontribusi berarti dalam Penulisan artikel tersebut.
- Penulis tidak melakukan publikasi ganda terhadap artikel yang akan dipublikasikan ini (double manuscript submission) ke jurnal atau sarana publikasi lain, secara bersamaan (serentak)
- Sebagian atau keseluruhan Artikel yang dipublikasikan belum pernah terpublikasi pada sarana publikasi lain.
- Artikel yang dipublikasikan adalah asli (orsinil) hasil penelitian, gagasan atau pemikiran Penulis, yang dijamin Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme yang ditulis di atas meterai oleh Penulis.
Bagi setiap Penulis di Jurnal Jurnal Konsumen & Konsumsi: Jurnal Manajemen (KKJM) WAJIB membuat Surat Peryataan yang menjelaskan bahwa artikel belum pernah dipublikasikan di Jurnal maupun konferensi /seminar manapun.