Pengaruh Financial Knowledge Terhadap Financial Management Behavior Dengan Love Of Money Dan Gender Sebagai Variabel Moderasi

Authors

  • Tiara Oviyani Universitas Katolik Musi Charitas

Keywords:

financial knowledge, financial management behavior, love of money, gender

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial knowledge terhadap financial management behavior dengan love of money dan gender sebagai variabel moderasi. Alasan dilakukan penelitian ini karena adanya fenomena bahwa persentase pengalokasian dana masyarakat Indonesia untuk berinvestasi saham maupun reksa dana masih jauh tertinggal dari negara lain, fakta yang memperkuat hubungan antar variabel, serta terdapat beberapa penelitian yang memberikan hasil berbeda. Sampel penelitian ini adalah 100 responden, yang merupakan penduduk Kota Palembang. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini diuji menggunakan asumsi klasik dan pengujian hipotesis menggunakan metode analisis regresi moderasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa financial knowledge tidak berpengaruh signifikan terhadap financial management behavior, love of money tidak memoderasi pengaruh financial knowledge terhadap financial management behavior dan gender memoderasi pengaruh financial knowledge terhadap financial management behavior.

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Tiara Oviyani. (2022). Pengaruh Financial Knowledge Terhadap Financial Management Behavior Dengan Love Of Money Dan Gender Sebagai Variabel Moderasi. Konsumen &Amp; Konsumsi: Jurnal Manajemen, 1(3). Retrieved from https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkkjm/article/view/717