Strategi Berbasis Konsumen dalam Meningkatkan Bisnis Pasca Covid-19

Authors

  • Siera Syailendra Era Universitas Kader Bangsa
  • Ahmad Sopyan

DOI:

https://doi.org/10.32524/kkjm.v2i2.830

Keywords:

Strategi, Manajemen Bisnis, Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Pasca Pandemi Covid 19

Abstract

Dunia usaha pada berbagai sektor telah mengalami penurunan baik selama maupun pasca pandemi covid 19.  Beragam kesulitan dihadapi dunia usaha dalam hal distribusi, penyediaan bahan baku, proses produksi barang dan jasa, kesulitan financial dan permodalan, target penjualan yang tidak tercapai, terhambatnya bisnis network dan tidak memadainya penguasaan teknologi dan informasi. Tujuan dari penelitian ini fokus pada strategi peningkatan bisnis baik selama dan pasca pandemik yang dapat diimplementasikan bagi usahawan di Indonesia. Deskriptif analisis digunakan dengan pendekatan pengumpulan data melalui telaah literatur (studi kepustakaan) yang bersumber dari penelitian-penelitian sebelumnya.  Hasil penelitian menunjukan pada beberapa bidang usaha, seperti bidang pemasaran, sumber daya manusia, keuangan, kesehatan, dan lainnya dapat menerapkan strategi bisnis yang berkelanjutan dengan upaya meningkatkan produksi barang dan jasa disertai pemberian layanan prima kepada konsumen secara efektif dan efisien agar usaha tetap berlangsung dan bertumbuh. Kesimpulan penelitian ini adalah pelaku usaha dituntut untuk memiliki manajemen pengetahuan yang baik dan absorptive capacity untuk meningkat kinerja bisnisnya. Lebih jauh, bagi penelitian selanjutnya agar dapat menelaah lebih tajam dengan sumber -sumber penelitian lebih luas dalam cakupan berbagai bidang bisnis, dengan bahasan yang lebih mendalam dengan metodel analisis yang lebih konprehensif baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Era, S. S., & Ahmad Sopyan. (2023). Strategi Berbasis Konsumen dalam Meningkatkan Bisnis Pasca Covid-19. Konsumen &Amp; Konsumsi : Jurnal Manajemen, 2(2). https://doi.org/10.32524/kkjm.v2i2.830