Analisis Strategi Marketing Mix dan SWOT pada UMKM Kedai Mak Ogi: Studi Kasus Produk Kuliner Rumahan Berbasis Pre-Order
Keywords:
Marketing Mix, Target Penjualan, UMKM, SWOT, Kuliner RumahanAbstract
UMKM Kedai Mak Ogi adalah usaha kuliner rumahan yang menjual makanan khas seperti nasi bakar, peyek, kwetiaw, dan sambal kering. Dalam praktiknya, penjualan dilakukan secara terbatas melalui penitipan di kantin sekolah dan pemesanan langsung. Tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan promosi dan kapasitas produksi peyek yang hanya dilakukan berdasarkan pesanan. Penelitian ini bertujuan menganalisis bauran pemasaran (marketing mix) 4P—produk, harga, tempat, dan promosi—yang diterapkan oleh Kedai Mak Ogi dalam kaitannya dengan pencapaian target penjualan. Analisis dilakukan secara deskriptif menggunakan pendekatan SWOT. Hasilnya menunjukkan bahwa usaha ini berada dalam situasi dengan kekuatan dan peluang yang bisa dioptimalkan untuk pertumbuhan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.