ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN PERISHABLE PRODUCT DI BAKERY “X” DENGAN MEMPERTIMBANGKAN FAKTOR KEDALUWARSA

Authors

  • Theresia Sunarni
  • Heri Setiawan
  • Achmad Alfian
  • Sony Samuel

DOI:

https://doi.org/10.32524/saintek.v6i1.585

Keywords:

persediaan, Economic Order Quantity, produk perishable, total biaya persediaan

Abstract

Persediaan adalah sumber daya menganggur yang menunggu untuk diproses lebih lanjut. Persediaan bahan baku memiliki waktu penggunaan yang terbatas. Keterbatasan ini disebabkan pertimbangan kerusakan barang. Produk perishable adalah produk dengan beberapa ciri khusus yang membuat persediaannya berbeda dengan jenis produk lainnya. Untuk industri pengolahan makanan, waktu kadaluarsa merupakan masalah yang harus diperhatikan. Selain berdampak pada kesehatan, sifat kadaluarsa suatu produk juga mempengaruhi nilai jual suatu produk. Bakery “X” merupakan salah satu bakery tertua di kota Palembang. Bahan-bahan yang diolah seperti gandum, margarin, mentega, dan telur memiliki batasan waktu pemakaian. Model persediaan produk perishable adalah model yang mengacu pada model Economic Order Quantity (EOQ) dimana kondisi sistem memiliki permintaan yang konstan dan produk yang dapat rusak. Tujuan dari penggunaan model ini adalah untuk menentukan jumlah pemesanan produk yang optimal, kapan melakukan pemesanan, berapa jumlah produk kadaluarsa yang dapat dikembalikan untuk meminimalkan total biaya persediaan.  Hasil perhitungan menghasilkan total penghematan biaya persediaan sebesar Rp9.502.349  atau 1,68% per tahun.

References

Herjanto, Eddy. Manajemen Operasi. Jakarta: Grasindo. 2007.

Nasution, Arman H dan Prasetyawan, Yudha. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2018.

Indrianti, N., Ming T., dan Toha, I. S., Model Perencanaan Kebutuhan Bahan dengan Mempertimbangkan Waktu Kadaluwarsa Bahan. Jurnal Media Teknik, 2, Yogyakarta, 2001, pp. 60-65.

Yuniar, S. S. Perencanaan Persediaan Bahan Baku Produk Makanan dengan Mempertimbangkan Masa Kadaluarsa dan Unit Diskon di PT. X. Rekayasa Hijau: Jurnal Teknologi Ramah Lingkungan, Volume 4, Nomor 1, 2020, pp. 35-42.

Hunusalela, Z.F. Model Inventory Perishable Material dengan Mempertimbangkan Faktor Kapasitas Gudang Penyimpanan Bahan Baku PT. So Good Food Manufacturing. Jurnal Untirta. 2016.

Ivony, Pengendalian Persediaan Produk Perishable Dengan Mempertimbangkan Faktor Kadaluarsa Dan Pengembalian (Studi Kasus Di UKM Kue Nasywa). Departemen Teknik Industri Universitas Sumatera Utara. 2018

Sofyan, Diana K., Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2013.

Carter, William K. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.2012.

Riyanto, Bambang, “Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan.” Yogyakarta: BPFE 2010.

{10] Munawaroh, N., Sianto, M.E., dan Mulyana, I.J., Model EOQ Dengan Mempertimbangkan Faktor Kedaluwarsa dan All Unit Discount Pada Produk Frozen Food, Jurnal Ilmiah Widya Teknik, Volume 17 No 1 2018 pp 46-53, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Downloads

Published

2022-09-30

Most read articles by the same author(s)