STRATEGI PRODUK DALAM MEMPERKUAT POSISI SEBAGAI MARKET LEADER PADA PT TIRTA FRESINDO JAYA
DOI:
https://doi.org/10.32524/kkjm.v4i2.1461Keywords:
Market Leader, Strategy Product, Diferensiasi, Le MineralAbstract
Saat ini, konsumen mengonsumsi air mineral tidak hanya untuk keperluan konsumsi, tetapi juga sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Fenomena ini telah menciptakan persaingan yang dinamis dalam industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), terutama di antara merek-merek besar. PT Tirta Fresindo Jaya, melalui produknya Le Minerale, berhasil mencapai dominasi pasar dengan menguasai sekitar 60% pangsa pasar dan menjadikannya sebagai market leader baru dalam industri AMDK di Indonesia. Tantangan utama yang kini dihadapi adalah bagaimana mempertahankan posisi kepemimpinan pasar di tengah persaingan yang semakin agresif serta menjaga loyalitas konsumen melalui inovasi produk dan strategi pemasaran yang relevan. Penelitian ini memfokuskan analisis pada strategi produk sebagai bagian dari bauran pemasaran (marketing mix) yang diterapkan oleh PT Tirta Fresindo Jaya. Hasil analisis menunjukkan bahwa keberhasilan Le Minerale didorong oleh diferensiasi dan inovasi yang kuat, yang perlu terus dikembangkan secara adaptif dan berkelanjutan guna mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar di industri air mineral.
Published
Versions
- 2025-06-23 (2)
- 2025-06-23 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.