Analisis Kualitas Layanan Dan Kinerja Organisasi Badan Kepegawaian Negara: Kajian Sistem Aplikasi Docudigital

Authors

  • Muji Gunarto Universitas Bina Darma Palembang
  • Helpina Helpina Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.32524/jkb.v21i1.814

Keywords:

System Quality, Service quality, Organizational Performance, BKN

Abstract

Researchers around the globe have conducted studies on organizational performance till these days, but it is still interesting to investigate this topic. Technological developments encourage civil servants to improve their performance. This study aims to identify the influence of the Docudigital system and service qualities on the organizational performance of the civil servants of the National Civil Service Agency (NCSA) in Palembang. One hundred and eighty-five respondents from the NCSA Palembang working area participated in the survey of this study. The analysis technique was carried out using a structural equation model (SEM) approach through the LISREL program package. The results of the study show that the Docudigital application system quality has a positive impact on the service quality of NCSA Palembang. Furthermore, the service quality has a positive and significant effect on the organizational performance of NCSA Palembang. Moreover, the Docudigital application system has a positive and significant effect on the organizational performance of NCSA Palembang. In short, NCSA Palembang needs to enhance the service quality by improving the application system and prioritizing accuracy, speed, and convenience.

References

A Anwar Prabu Mangkunegara (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Amhas, M., 2018. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Makassar 01 Selatan. Jurnal Mirai Management.3(1):136-149

Gorla, N., et. al., Organizational impact of system quality, information quality, and service quality. Journal of Strategic Information Systems 19 (2010): 207-228

Hariandja, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Grasindo

Hasibuan, Malayu S.P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Pemerintah Indonesia, 2009. Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Jakarta : Sekretariat Negara.

Nautami, D.T., dan Wahid, F., 2019. Penerapan Metode E-GovQual Untuk Mengevaluasi Kualitas Layanan Aplikasi E-Filing Oleh Wajib Pajak. Prosiding Seminar Nasional Geotik 2019. ISSN:2580-8796

Pemerintah Indonesia, 2014. Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 6. Jakarta : Sekretariat Negara.

Pemerintah Indonesia, 2002. Keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 58 Tahun 2002 tentang pengelompokan jenis pelayanan publik kegiatan pelayanan publik. Jakarta : Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi.

Pemerintah Indonesia, 2003. Keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 63 Tahun 2003 tentang standar pelayanan publik. Jakarta : Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi.

Pemerintah Indonesia, 2004. Keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 25 Tahun 2004 tentang kegiatan pelayanan publik. Jakarta : Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi.

Putra, DSH., dan Siswanto, M., 2016. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Daerah Kalisat Kabupaten Jember. Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dana BOPTN Tahun 2016, ISBN : 978-602-14917-3-7

Rivai Dan Ella Sagala, (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Rajawali Pers, Jakarta.

Septa, F., Yudhana, A., dan Fadlil, A., 2019. Analisis Kualitas Layanan E-Government dengan Pendekatan E-GovQual Modifikasi. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 02:157-164

Shanshan, S., 2014. Assessment of E-government Service Quality under User Satisfaction Orientation: The Establishment of E-GovQual Model. Asian Journal of Business Management 6(2): 111-117

Sudarmanto, SIP, Msi (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung : Alfabeta

Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Downloads

Published

2023-03-31